Selasa, 22 Oktober 2013

Manfaat Serta Khasiat Air Rebusan Teh Daun Sirsak

Informasi mengenai manfaat serta khasiat air rebusan dan teh daun sirsak mungkin termasuk yang paling banyak dicari oleh orang-orang dalam 2 tahun terakhir ini. Salah satu penyebabnya adalah karena gencarnya pemberitaan di media-media (cetak, televisi, maupun online) mengenai khasiat daun sirsak untuk kanker. Hal yang kemudian juga memancing orang-orang yang mempunyai jiwa wirausaha untuk mengeluarkan produk yang berbahan daun sirsak seperti kapsul (ekstrak) daun sirsak dan teh daun sirsak.


Namun apakah benar manfaat daun sirsak seperti yang diberitakan tersebut? Secara ilmiah memang semua klaim yang disampaikan masih perlu untuk dilakukan uji klinis, namun percobaan pada kultur jaringan telah membuktikan kebenaran hampir semua dari klaim tersebut. Lagipula, secara tradisional para ahli pengobatan herbal telah memanfaatkan daun sirsak sebagai media pengobatan sejak ratusan tahun lalu.
Beberapa kebudayaan di dunia sudah memanfaatkan daun sirsak dalam pengobatan tradisional sejak ratusan tahun lalu. Yang paling sederhana adalah dengan cara memanfaatkan air rebusannya (teh). Apa saja khasiat air rebusan daun sirsak ini?
  • Masalah pencernaan. Masyarakat kepulauan Karibia dan Indian Amazon biasa menggunakan rebusan daun sirsak sebagai obat untuk membersihkan tubuh dari racun dan parasit berbahaya.
  • Demam. Berbeda dengan masyarakat Haiti, Jamaika, Peru, dan India Barat, mereka percaya jika daun sirsak sangat ampuh untuk meredakan demam. Air rebusannya dikatakan dapat mendinginkan suhu tubuh dan mengobati peradangan selaput lendir.
Buah dan daun sirsak diketahui memiliki kandungan senyawa acetogenin annonaceous yang dikatakan bermanfaat untuk melawan tumor. Keampuhan senyawa ini terutama pada sel-sel tumor yang kebal dengan obatan-obatan kemoterapi modern. Sebuah ujicoba sudah pernah dilakukan pada seorang pasien penderita tumor payudara, dan hasil yang ditunjukkan dikatakan sangat menjanjikan, sehingga penelitian lanjutanpun masih terus dilakukan untuk semakin mempertegas hasil penelitian awal tersebut.

Sedangkan untuk kanker, beberapa penelitian yang melibatkan ekstrak daun dan buah sirsak pernah dilakukan untuk menguji keampuhannya dalam mengatasi masalah kanker payudara dan kanker getah bening. Semua penelitian yang dilakukan tersebut juga menunjukkan hasil yang positif. Mungkin satu-satunya yang masih sedikit mengganjal adalah mengenai dosis yang tepat untuk dikonsumsi, karena walaupun diketahui memiliki banyak kegunaan, efek samping buah sirsak juga perlu untuk diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar